Rss Feed

Apa itu Beasiswa Ford Foundation ?


            Beasiswa sebagai penyokong kader calon cendekiawan bangsa semakin marak dari tahun ke tahun. Terlebih bagi rekan dengan kantong pas- pasan, kini bukanlah hal mustahil untuk meraih pendidikan lebih tinggi. Bayangkan saja pembiayaan yang ditawarkan oleh salah satu jenis beasiswa tak hanya biaya perkuliahan semata, namun juga berikut buku – buku dan biaya hidup selama belajar, termasuk kesehatan dan asuransi. Sangat menggiurkan bukan. Tapi tentu saja di atas segala penawaran tersebut tentu saja kita harus menjadi manusia yang berkualifikasi dan memiliki visi dan misi demi kemajuan bangsa .
Sebelum menginjak lebih jauh, ada baiknya kita mengenal beasiswa dan macam – macamnya. Beasiswa adalah pemberian berupa bantuan keuangan yang diberikan kepada perorangan yang bertujuan untuk digunakan demi keberlangsungan pendidikan yang ditempuh. Beasiswa dapat diberikan oleh lembaga pemerintah, perusahaan ataupun yayasan.[1] Beasiswa ini diberikan pada berbagai jenjang pendidikan mulai dari Sekolah Dasar (SD) hingga pendidikan paling tinggi.
Tujuan beasiswa ini adalah untuk meningkat nilai akademis dan ekonomis dari generasi bangsa yang akan berperan dalam kemajuan bangsa dan Negara di masa yang akan datang. Maka dari itu selain sisi kognitif yang ditonjolkan diperlukan pula penanaman nilai kepemimpinan, tanggung jawab dan nasionalisme. Untuk menguji karakter ini biasanya bisa dilihat dari interview, psikotes dan beberapa program beasiswa memberikan pelatihan kebangsaan pada awal tahun penerima beasiswa.
Menurut Buku Pintar Beasiswa, dari segi pendanaan, beasiswa dibagi menjadi dua kategori, yaitu beasiswa penuh dan sebagian.
Beasiswa penuh (full scholarship)
Sesuai namanya, beasiswa penuh meliputi pendanaan seluruh komponen pendidikan. Jenis beasiswa ini menanggung biaya kuliah, akomodasi, biaya hidup, asuransi, buku pelajaran, biaya penelitian, dan tiket perjalanan. Secara keseluruhan, komponen pendanaan beasiswa penuh hampir sama. Namun, ada pula penyedia beasiswa yang memberikan pendanaan bantuan bagi keluarga tanggungan penerima beasiswa.
Contoh program beasiswa penuh : Chevening, Australian Development Scholarship (ADS), dan Ford Foundation.
Beasiswa Sebagian (Partial Scholarship)
Beasiswa ini hanya menanggung biaya tertentu saja selama kamu menjalani perkuliahan. Misalnya pihak sponsor hanya menanggung biaya perkuliahan, akomodasi, dan perjalanan, sementara kamu harus menyediakan dana untuk biaya hidup. Program ini biasanya banyak ditawarkan oleh pihak universitas atau untuk program pendidikan pendek (short/summer course). Jika tetap ingin mengambil beasiswa parsial, baca kembali peraturan yang ditetapkan oleh pihak sponsor terkait izin mencari pihak sponsor lain guna menutupi biaya yang tidak ditanggung.[2]
            Nah, kini sampailah kita pada pertanyaan “Apa itu beasiswa Ford Foundation?”. Ford Foundation adalah organisasi swasta yang terbentuk di Michigan dan berpusat di Kota New York didirikan untuk mendanai program-program yang diprakarsai oleh Edsel Ford dan Henry Ford pada tahun 1936. Hibah organisasi ini diberikan melalui kantor pusat di New York dan melalui dua belas kantor perwakilan internasional lainnya. Pada tahun 2008, organisasi ini mencatat jumlah aset sebesar US$ 13,7 miliar dan menyalurkan US$ 530 juta dalam bentuk hibah untuk proyek yang berfokus pada penegakan nilai demokrasi, pengembangan komunitas dan ekonomi, pendidikan, media, seni dan budaya, serta hak asasi manusia.[3]
            Ford Foundation memperluas jaringan pemberian hibahnya dengan mendukung system penyiaran public. Seperti pada tahun 1969, organisasi ini mengucurkan dana US$ 1 juta untuk loka karya Televisi Anak – Anak yang termasuk di dalamnya bantuan peluncuran program televisi Sesame Street. Program sarat pendidikan yang masih dikenal hingga saat ini.
 Pada Era tahun 1950an Ford Foundation menyediakan serangkaian beasiswa kesenian dan kemanusiaan yang mendukung karya dari tokoh – tokoh seperti Josef Albers, James Baldwin E.E Cumnings, Flanery O’Connor, Jacob Lawrence. Maurice Valency, Robert Lowell, Margaret Mead. Beasiswa ini sebagai upaya pelestarian seni dan budaya sebagai suatu hasil dari cipta, raasa dan karsa manusia.   
            Selain itu pada tahun 1976 Organisasi ini kembali mengukuhkan niat baiknya dengan membantu peluncuran Grameen Bank yang memberikan pinjaman untuk daerah pedesaan miskin di Bangladesh. Grameen Bank ini bersama dengan pendirinya Muhammad Yunus selanjutnya dianugrahi Nobel Peace Prize  sebagai pelopor kredit mikro.
Di antara Hibah – hibah yang dikeluarkan, Ford Foundation mengemasnya dalam bentuk beasiswa yang dikenal dengan The Ford Foundation International Fellowships Program (IFP) pada tahun 2001. IFP sebagai program terbesar dari Ford Foundation memiliki misi untuk memperluas kesempatan pendidikan dan membantu perkembangan keadilan sosial di Negara berkembang.
IFP ini tersedia untuk program pascasarjana demi lahirnya pemimpin dari kalangan tersisih dan terasing yang sarat dengan kurangnya akses memperoleh pendidikan tinggi. Nantinya dengan jiwa kepemimpinan dan ilmu pengetahuan yang diperolehnya diharapkan para penerima beasiswa ini akan berperan aktif dalam pengembangan dan perbaikan kehidupan di Negara asalnya.
            Pada awal peluncurannya dengan hibah US$ 280 juta, jumlah terbesar dalam sejarah Ford Foundation.  Pada April 2006, Ford Foundation mengumumkan donasi baru sebesar US$ 75 juta untuk IFP. Dari jumlah tersebut IFP berharap akan mendukung sekitar 4300 mahasiswa setelah proses penyeleksian yang dilakukan. 
            Penerima beasiswa bisa memilih universitas manapun di seluruh dunia. Penerima beasiswa dipilih dari 22 negara dari Asia, Rusia, Afrika, Timur Tengah, dan Amerika Latin tempat lembaga menyediakan program hibah. Selain itu Beasiswa diberikan untuk berbagai bidang yang terkait sesuai dengan bidang yang diminati oleh penerima beasiswa. Menarik bukan?
            Untuk Anda yang ingin melamar sebagai penerima beasiswa perlu mengetahui negara – Negara yang menjadi daerah sasaran hibah dari Ford Foundation International Fellowship Program. Sebab salah syarat perekrutan yang ditetapkan adalah pelamar beasiswa merupakan penduduk dari teritori IFP. Yakni Negara yang dianggap sedang berkembang serta memerlukan sumber daya manusia berkualitas demi kemajuan bangsa dan Negara. Negara tersebut adalah : Brazil, Chile, China, Egypt, Ghana, Guatemala, India, Indonesia, Kenya, Mexico, Mozambique, Nigeria, Palestinian Territories, Peru, Philippines, Russia, Senegal, South Africa, Tanzania, Thailand, Uganda, and Vietnam.
            Setengah Penerima Beasiswa IFP yang terseleksi adalah wanita; banyak juga berasal dari suku, agama dan kelompok minoritas, dan sebagian besar datang dari daerah terpencil.  Para penerima beasiswa diseleksi berdasarkan catatan akademis dan potensi yang dimiliki, jiwa kepemimpinan dan komitmen sosial. Seleksi akan diadakan oleh masing – masing dewan independen di negara masing – masing.
            Di Indonesia sendiri Fourd Foundation Internationa Fellowship Program (IFP) dikelola oleh The Indonesian International Education Foundation (IIEF). Sebuah lembaga pendidikan nirlaba yang bergerak di bidang pengembangan dan pertukaran pendidikan, serta pelatihan yan bertujuan menumbuhkan rasa saling pengertian antar bangsa.
Sebagaimana disebutkan di atas penerima beasiswa dapat mendaftarkan diri ke berbagai universitas di dunia. Dan bagi mereka yang belum dapat menentukan tujuannya, IFP akan turut serta membantu mengarahkan ke bidang yang sesuai. Sebelum memulai study, penerima beasiswa akan mendapat Orientasi dan persiapan study jika perlu, seperti Kursus komputer, bahasa atau bidang lain sesuai kebutuhan.
            Persyaratan yang harus dipenuhi pelamar, yaitu
- memiliki kewarganegaraan Indonesia dan bertempat tinggal di Indonesia.
- telah menyelesaikan program studi Sarjana (S1) dengan prestasi yang sangat baik. Beasiswa IFP diperuntukkan untuk studi pascasarjana (master/doctoral).
- berperan aktif dalam masyarakat atau komunitasnya. Hal ini karena tujuan dari beasiswa ini adalah membangun masyarat dari daerah asal serta peran aktif ini akan menunjukkan jiwa kepemimpinan dari dalam dirinya.
- memiliki rencana kerja untuk menerapkan apa yang akan dipelajarinya sesuai dengan tujuan-tujuan Ford Foundation, dan
- memiliki komitmen untuk melaksanakan rencana kerja itu setelah menyelesaikan masa studinya.
Apa yang akan kita peroleh dari  beasiswa IFP? IFP mendukung study penerima beasiswa selama 3 tahun dalam menempuh pendidikan Master, Doktor, ataupun Profesional Post Graduate. Lalu sebagaimana yang telah diuraikan di atas, IFP memberikan pembiyaan penuh penerima beasiswa termaasuk biaya hidup, kesehatan dan asuransi. Selain itu IFP memberikan pelatihan yang diperlukan untuk menunjang study. Penerima beasiswa juga menerima placement assistance dan dukungan akademis selama study pascasarjana berlangsung.
IIEF menerima pendaftaran untuk beasiswa IFP sepanjang tahun. Formulir prapendaftaran yang diterima sebelum tanggal 31 Oktober akan segera diproses.
- Pelamar yang memenuhi syarat akan diberikan formulir pendaftaran lengkap untuk diisi dan dikirimkan kembali ke IIEF.
- Para finalis akan dipanggil untuk diwawancarai.
- Penerima beasiswa akan diumumkan pada akhir bulan Juni tahun berikutnya.
- Penerima beasiswa akan mulai menempuh program studinya pada tahun akademik berikutnya.
Formulir pra pendaftaran yang diterima setelah tanggal 31 Oktober akan diproses untuk periode beasiswa tahun berikutnya.
Semua berkas pendaftaran harus diserahkan ke IIEF yang kemudian diperiksa dan dinilai oleh panel seleksi nasional dan daerah yang para anggotanya terdiri dari para pakar dan praktisi di berbagai bidang akademik.
Pelamar bisa mengirimkannya atau langsung datang langsung untuk informasi lebih lanjut di “The Indonesian International Education Foundation (IIEF) Menara Imperium Lantai. 28 Suite B, Jalan H.R.Rasuna Said, Jakarta 12980 Tel.: 831-7330 pesawat 13 atau 17 Faks: (62-21) 8317331, E-mail: ifp@iief.or.id”.
Sumber :
·        http://www.scholars4dev.com/2824/ford-foundation-international-fellowships-for-developing-countries/
·        http://id.wikipedia.org/wiki/Ford_Foundation
·        http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000012893792/scholarship-lounge---tempat-bertanya-dan-berbagi-info-beasiswa/
·        http://fordifp.net/AboutIFP/Vision.aspx
·        http://infobeasiswas.blogspot.com/2007/02/beasiswa-s2-s3-ford-foundation.html



           
           




[1] http://id.wikipedia.org/wiki/Beasiswa
[2] http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000012893792/scholarship-lounge---tempat-bertanya-dan-berbagi-info-beasiswa/

[3] http://id.wikipedia.org/wiki/Ford_Foundation

0 komentar:

Posting Komentar